100 Soal Latihan dan Pembahasan Kompetensi Pedagogik Guru
Nama Peserta : | |
Tanggal Tes : | |
Jumlah Soal : | 100 soal |
1. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah...(B) kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan(D) kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah
Pembahasan:
Aktivitas pembelajaran yang mencakup siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mencari data/bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan prinsip Problem Based Learning.
Pilihan yang sesuai adalah (A)
2. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Indikator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah...(B) menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar(D) mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
Pembahasan:
Indikator kunci untuk kompetensi dasar tersebut adalah menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar, bukan hanya menjelaskan atau mengklasifikasikan.
Pilihan yang sesuai adalah (B)
3. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah...(B) merubah perencanaan disesuaikan dengan kemampuan siswa(D) membentuk kelompok siswa dengan kemampuan yang heterogen
Pembahasan:
Strategi guru yang efektif adalah tetap melakukan aktivitas dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi meskipun siswa belum siap, namun dengan memperhatikan pengembangan kemampuan siswa.
Pilihan yang sesuai adalah (C)
4. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pada pendidikan abad ke-21, kompetensi Collaboration sangat penting karena peserta didik dapat...(B) bekerja sama dalam sebuah kelompok dalam memecahkan permasalahan yang ditemukan(D) mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengevaluasi bukti-bukti, argumentasi, klaim dan data-data yang tersaji secara luas melalui pengkajian secara mendalam, serta merefleksikannya dalam kehidupan sehari-hari
Pembahasan:
Collaboration, atau kerja sama, sangat penting karena memungkinkan peserta didik untuk bekerja bersama dalam kelompok untuk memecahkan masalah yang ditemui.
Pilihan yang sesuai adalah (B)
5. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya,”pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah...(B) menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian(D) membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
Pembahasan:
Pengembangan materi pengayaan pada kompetensi dasar tersebut adalah menganalisis hubungan antara siklus hidup dengan upaya pelestarian, bukan hanya menjelaskan atau membandingkan.
Pilihan yang sesuai adalah (B)
6. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project Based Learning pada sintaks...(B) pertanyaan mendasar(D) mendesain perencanaan produk
Pembahasan:
Aktivitas pembelajaran tersebut, yaitu menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas dan persiapan alat, bahan, media, dan sumber, sesuai dengan tahap mendesain perencanaan produk dalam model Project Based Learning.
Pilihan yang sesuai adalah (D)
7. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawli dengan pemberian rangsangan, mengajak peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mengolah data sehingga mampu meberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah...(B) Inquiry Learning(D) Project Based Learning
Pembahasan:
Kegiatan pembelajaran yang melibatkan identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, serta pemberian pembuktian dan simpulan sesuai dengan prinsip-prinsip Discovery Learning.
Pilihan yang sesuai adalah (A)
8. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Aktivitas pembelajaran pada model Project Based Learning pada sintaks mendesain perencanaan produk adalah...(B) Peserta didik menyusun jadwal penyelesaian proyek dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditentukan(D) Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan
Pembahasan:
Aktivitas pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah termasuk dalam tahap mendesain perencanaan produk dalam model Project Based Learning.
Pilihan yang sesuai adalah (D)
9. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks Discovery Leraning yang....(B) Pengolahan Data (Data Processing)(D) Pernyataan/identifikasi masalah (Problem Statement)
Pembahasan:
Aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis merupakan bagian dari sintaks Discovery Learning yang berfokus pada pembuktian.
Pilihan yang sesuai adalah (A)
10. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah....(B) Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi(D) Melihat video tentang cuaca
Pembahasan:
Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi merupakan contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir tingkat tinggi karena melibatkan analisis dan pembandingan.
Pilihan yang sesuai adalah (B)
11. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif menurut Bloom merupakan...(B) Segala aktivitas pembelajaran menjadi 5 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi(D) Segala aktivitas pembelajaran menjadi 7 tingkatan sesuai dengan jenjang terendah sampai tertinggi
Pembahasan:
Tujuan pembelajaran pada ranah kognitif menurut Bloom terdiri dari enam tingkatan, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), menerapkan (applying), menganalisis (analyzing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)
Pilihan yang sesuai adalah (C)
12. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Keterampilan proses psiKurikulumotor terdiri dari...(B) Imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi(D) Imitasi, menanggapi, presisi, artikulasi, dan karakterisasi
Pembahasan:
Keterampilan proses psiKurikulumotor yang terdiri dari imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi, dan naturalisasi sesuai dengan yang dijelaskan.
Pilihan yang sesuai adalah (B)
13. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian, yaitu...(B) Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu memahami (understanding), mengingat (remembering), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating)(D) Pertama adalah keterampilan tingkat rendah yang penting dalam proses pembelajaran, yaitu mengingat (remembering), memahami (understanding), dan menerapkan (applying), dan kedua adalah yang diklasifikasikan ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi berupa keterampilan menganalisis (analysing), mengevaluasi (evaluating), dan mencipta (creating).
Pembahasan:
Menurut Bloom, keterampilan dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah keterampilan tingkat rendah seperti mengingat, memahami, dan menerapkan. Yang kedua adalah keterampilan tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
Pilihan yang sesuai adalah (D)
14. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Ranah kognitif meliputi kemampuan...(B) Mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran yang telah didapatnya.(D) Menguasai konsep/prinsip yang telah dipelajari dalam proses pembelajaran.
Pembahasan:
Ranah kognitif mencakup kemampuan mengulang atau menyatakan kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari, sesuai dengan tingkatan memahami menurut Bloom.
Pilihan yang sesuai adalah (B)
15. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dalam bahasa mata pelajaran umum dikenal sebagai...(B) Higher Open Thinking Skill (HOTS)(D) High Order Thinking Skill (HOTS)
Alternatif Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam bahasa mata pelajaran umum dikenal sebagai Higher Order Thinking Skill (HOTS).
Pilihan yang sesuai adalah (C)
16. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Yang termasuk area HOTS dalam dimensi proses berpikir...$(B)$ Mengingat, menganalisis, dan mencipta$(D)$ Memahami, menganalisis, dan mengevaluasi
Pembahasan:
Area HOTS dalam dimensi proses berpikir meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
17. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Kurikulumbinasi dimensi pengetahuan terdiri dari...$(B)$ Pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan mencipta$(D)$ Pengetahuan factual, konseptual, menganalisis, dan metakognitif
Pembahasan:
Kurikulumbinasi dimensi pengetahuan terdiri dari pengetahuan factual, konseptual, prosedur, dan metakognitif, sesuai dengan taksonomi Bloom.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
18. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah...$(B)$ Proses berpikir Kurikulumpleks dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar$(D)$ Proses berpikir dalam menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan dengan melibatkan aktivitas mental yang paling dasar
Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi melibatkan proses berpikir Kurikulumpleks seperti menguraikan materi, membuat kesimpulan, membangun representasi, menganalisis, dan membangun hubungan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
19. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Keterampilan berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan keterampilan berpikir sesuai dengan ranah...$(B)$ Kognitif dan psiKurikulumotor$(D)$ Afektif dan psiKurikulumotor
Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi terkait dengan ketiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psiKurikulumotor.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
20. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Keterampilan berpikir tingkat tinggi menggarisbawahi berbagai proses tingkat tinggi menurut jenjang...$(B)$ Taksonomi Marzano$(D)$ Taksonomi Wiggins
Pembahasan:
Keterampilan berpikir tingkat tinggi mengacu pada taksonomi Bloom, yang menguraikan berbagai proses tingkat tinggi dalam pembelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
21. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
"Nah, kalau demikian adakah gagasan apa untuk pemecahan masalah yang anda hadapi? Coba anda sampaikan." Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...$(B)$ Rencana Aksi$(D)$ Tanggung Jawab
Alternatif Pembahasan:
Percakapan tersebut terjadi pada tahap Rencana Aksi dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak mengajukan gagasan untuk pemecahan masalah yang dihadapi.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
22. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu kata kunci yang bisa kita ambil dari definisi coaching adalah...$(B)$ knowledge sharing$(D)$ optimalisasi potensi
Pembahasan:
Salah satu kata kunci yang dapat diambil dari definisi coaching adalah "optimalisasi potensi", yang menyoroti upaya untuk memaksimalkan potensi individu yang dibimbing.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
23. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pak Dudung: Ok, Bu Dian...dari beberapa hal yang sudah kamu utarakan, bisa Ibu sampaikan dalam dua atau tiga kalimat kesimpulan?"" Bu Dian: "Hari ini saya sudah dapat beberapa solusi, untuk bisa mengaturulang jadwal saya. Saya akan meminta dukungan kepala sekolah untuk bisa memberikan jadwal yang lebih fleksibel." Percakapan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...$(B)$ Identifikasi$(D)$ Tujuan
Pembahasan:
Percakapan tersebut terjadi pada tahap Tanggung Jawab dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak diminta untuk menyampaikan kesimpulan dari percakapan yang telah dilakukan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
24. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pak Ahmad merupakan seorang pengawas yang handal. Pada sebuah pelatihan ia diminta untuk mendampingi beberapa orang guru yang akan mengikuti pelatihan fungsional calon pengawas sekolah selama 3 (tiga) bulan pelatihan. Peran yang tepat untuk Pak Ahmad adalah....$(B)$ Konselor$(D)$ Mentor
Pembahasan:
Peran yang tepat untuk Pak Ahmad adalah sebagai mentor, karena ia akan mendampingi beberapa orang guru dalam jangka waktu yang cukup lama untuk mengembangkan keterampilan mereka.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
25. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
"Baik Bu Nanan dari beberapa alternatif yang sudah ibu sampaikan tadi, apa tindaklanjut yang ibu dilakukan setelah sesi ini dan berapa lama target waktunya?" Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap....$(B)$ Rencana Aksi$(D)$ Identifikasi
Pembahasan:
Pertanyaan tersebut terjadi pada tahap Tanggung Jawab dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak diminta untuk merencanakan tindak lanjut setelah sesi berlangsung.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
26. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu perbedaan dari coach dan mentor dalam melaksanakan perannya adalah sebagai berikut, kecuali....$(B)$ Kepakarannya$(D)$ Pola Kurikulumunikasinya
Pembahasan:
PENJABARAN
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$
27. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
"Dalam pelaksanaan rencana aksi ini, siapa saja yang anda anggap bisa membantu anda mewujudkannya? Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...$(B)$ Identifikasi$(D)$ Rencana Aksi
Pembahasan:
Pertanyaan tersebut terjadi pada tahap Tanggung Jawab dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak diminta untuk mengidentifikasi orang-orang yang dapat membantu dalam mewujudkan rencana aksi.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
28. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
"Nah, jadi kalau anda merasakan ada hal-hal yang belum optimal dalam manajemen waktu sebagai guru, kalau boleh tahu apa yang mempengaruhi hal itu?"Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap....$(B)$ Rencana Aksi$(D)$ Identifikasi
Pembahasan:
Pertanyaan tersebut terjadi pada tahap Identifikasi dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak diminta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi masalah yang dihadapi.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
29. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
"Hari ini kita akan diskusi sekitar 30 menit ya, Nah untuk itu saya ingin memastikan apa yang ingin Bapak diskusikan dengan saya?"Pertanyaan ini dalam alur TIRTA terdapat pada tahap...$(B)$ Tanggung Jawab$(D)$ Tujuan
Pembahasan:
Pertanyaan tersebut terjadi pada tahap Tujuan dalam alur TIRTA, di mana salah satu pihak ingin memastikan tujuan dari percakapan yang akan dilakukan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
30. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu prinsip dalam coaching adalah mampu memaksimalkan potensi coachee, maka upaya seorang coach adalah...$(B)$ Membimbing coachee untuk menemukan jati dirinya.$(D)$ Melakukan percakapan untuk menggali ide coachee.
Pembahasan:
Salah satu prinsip dalam coaching adalah memaksimalkan potensi coachee, sehingga upaya seorang coach adalah melakukan percakapan untuk menggali ide dari coachee dan membantu mereka mengembangkan potensi mereka sendiri.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
31. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Dalam ruang lingkup sekolah, perumusan dan penyusunan alur dan tujuan pembelajaran berfungsi mengarahkan sekolah dalam merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan sehingga capaian pembelajaran diperoleh secara sistematis, konsisten, dan terukur. Dalam KURIKULUM hal ini dimaknai sebagai .....$(B)$ Perencanaan dalam ruang lingkup kelas$(D)$ Perencanaan dalam ruang lingkup sekolah
Pembahasan:
Dalam konteks sekolah, perumusan dan penyusunan alur dan tujuan pembelajaran berfungsi untuk mengarahkan sekolah dalam merencanakan, mengimplementasi, dan mengevaluasi pembelajaran secara keseluruhan. Hal ini sesuai dengan konsep perencanaan dalam ruang lingkup sekolah.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
32. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Sekolah Al-Kautsar saat menyusun Kurikulum Oprasional Sekolah , mengadakan diskusi dengan para sesepuh sekitar dan beberapa lulusan sekolah yang dianggap berhasil. Kepala sekolah meminta masukan pada diskusi tersebut, hal ini sesuai dengan prinsip penyusunan KURIKULUM pada Kurikulumponen....$(B)$ Kontekstual$(D)$ Akuntabel
Pembahasan:
Diskusi dengan para sesepuh dan lulusan sekolah yang dianggap berhasil merupakan bagian dari prinsip penyusunan KURIKULUM pada Kurikulumponen kontekstual, yang menekankan pada pentingnya memperhitungkan konteks lokal atau keadaan sekitar sekolah dalam penyusunan kurikulum.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B) $
33. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pengetahuan yang akan dipelajari harus masuk akal bagi peserta didik (konsep yang dipelajari dan aktivitas yang dilakukan dapat dihubungkan dengan kondisi nyata, termasuk menunjukkan permasalahan nyata yang harus dipecahkan/diselesaikan) merupakan prinsip dari...$(B)$ pembelajaran tematik$(D)$ kegiatan berpusat pada guru
Pembahasan:
Prinsip bahwa pengetahuan yang dipelajari harus masuk akal bagi peserta didik merupakan prinsip pembelajaran yang bermakna, yang menekankan bahwa pembelajaran harus terkait dengan situasi nyata dan memiliki relevansi bagi peserta didik.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
34. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Struktur kurikulum yang memuat kegiatan pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran merupakan...$(B)$ Pembelajaran Intrakurikuler$(D)$ Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin
Pembahasan:
Struktur kurikulum yang memuat kegiatan pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran adalah pembelajaran intrakurikuler, yang merujuk pada pembelajaran yang terjadi di dalam kelas atau ruang belajar.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B) $
35. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin dilakukan pada SMP/MTs yang memiliki intrakurikuler dengan alokasi waktu 1500 JP pertahun, jika pelaksanaan P5 dan PPRA sebanyak 20% SMP/MTS memilih 3 proyek, maka alokasi waktu setiap proyek adalah...$(B)$ Alokasi Proyek 1 = 90 JP; Alokasi Proyek 1= 100 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP$(D)$ Alokasi Proyek 1 = 120 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP; Alokasi Proyek 1 = 90 JP
Pembahasan:
Jika pelaksanaan P5 (Profil Pelajar Pancasila) dan PPRA (Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin) sebanyak 20% dari alokasi waktu 1500 JP pertahun, maka alokasi waktu setiap proyek adalah proporsional. Oleh karena itu, alokasi waktu untuk setiap proyek adalah 20% dari total alokasi waktu, yaitu 300 JP. Sehingga alokasi waktu untuk setiap proyek adalah 20% dari 1500 JP, yaitu 300 JP.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
36. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pada saat sekolah melakukan identifikasi kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan, maka sekolah sedang menyusun KURIKULUM pada Kurikulumponen...$(B)$ Perencanaan Pembelajaran$(D)$ Analisis Karakteristik Sekolah
Pembahasan:
Identifikasi kekhasan daerah setempat yang penting untuk dilestarikan merupakan bagian dari penyusunan KURIKULUM pada Kurikulumponen analisis karakteristik sekolah, yang menekankan pada pemahaman terhadap karakteristik dan kebutuhan sekolah.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
37. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu dari nilai-nilai sekolah sebagai dasar Pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah , adalah...$(B)$ Akhlak di atas ilmu pengetahuan$(D)$ Melibatkan perwakilan warga sekolah
Pembahasan:
Nilai-nilai sekolah sebagai dasar Pengembangan KURIKULUM termasuk nilai akhlak di atas ilmu pengetahuan, yang menekankan bahwa moral dan akhlak yang baik lebih diutamakan daripada sekadar pengetahuan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B) $
38. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu cara pengorganisasian pembelajaran dilakukan dengan cara konsep-konsep dan keterampilan tertentu dari mata pelajaran diajarkan secara kolaboratif (team teaching) serta pendidik berkolaborasi sedemikian rupa untuk merencanakan, melaksanakan dan melakukan asesmen untuk suatu pembelajaran yang terpadu. Pendekatan ini disebut....$(B)$ Pendekatan tematik$(D)$ Pendekatan dalam blok
Pembahasan:
Pendekatan pengorganisasian pembelajaran secara terintegrasi dilakukan dengan mengajarkan konsep-konsep dan keterampilan tertentu dari mata pelajaran secara kolaboratif (team teaching), serta melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian secara terpadu.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
39. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Agar penyusunan KURIKULUM tidak terjebak pada pemenuhan kebutuhan adminitratif, namun secara kepentingan lebih besar, maka kepala sekolah perlu memahami...$(B)$ Budaya lokal$(D)$ Kemampuan warga sekolah
Pembahasan:
Agar penyusunan KURIKULUM tidak terjebak pada pemenuhan kebutuhan administratif semata, kepala sekolah perlu memahami substansi diferensiasi sekolah, yaitu pemahaman terhadap karakteristik khas dan kebutuhan sekolah yang membedakannya dari sekolah lain.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$
40. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan lil Alamin secara muatan, projek profil harus mengacu pada....$(B)$ Capaian profil pelajar sesuai dengan fase peserta didik$(D)$ Capaian tujuan dari setiap mata pelajaran
Pembahasan:
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin harus mengacu pada capaian profil pelajar sesuai dengan fase peserta didik, karena tujuan projek tersebut adalah untuk memperkuat profil pelajar berdasarkan tahap perkembangan peserta didik.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
41. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Merujuk pada struktur kurikulum SMP/MTs pada KMA No. 347/2022, total jam pelajaran semua mata pelajaran pada kelas VII SMP/MTS adalah 1440JP. Sebagai ciri khas sekolah, pada kelas VII SMP/MTS menambahkan 2 mata pelajaran dengan alokasi waktu masing-masing 2JP setiap minggu. Berdasarkan hasil musyawarah Tim Fasilitator Projek, disepakati bahwa pelaksanaan P5-PPRA pada tahun pelajaran 2023/2024 dialokasikan sebesar 20%. Dengan demikian, alokasi waktu yang tersedia untuk pelaksanaan P5-PPRA pada kelas VII SMP/MTS Al Husna adalah sekitar...JP.$(B)$ 288$(D)$ 316
Pembahasan:
Total jam pelajaran semua mata pelajaran pada kelas VII SMP/MTS adalah 1440JP. Dengan penambahan 2 mata pelajaran baru masing-masing 2JP per minggu, total JP menjadi 1444JP. Jika pelaksanaan P5-PPRA dialokasikan sebesar 20%, maka alokasi waktu untuk pelaksanaan P5-PPRA adalah 20% dari 1444JP, yang setara dengan sekitar 317JP.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
42. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Dalam 1 tahun pelajaran, Projek Penguatan Profil pada kelas X Sekolah Aliyah dilakukan sekurang-kurangnya....$(B)$ 3 s.d. 4 projek profil dengan tema berbeda$(D)$ 2 s.d.3 projek profil dengan tema berbeda
Pembahasan:
Projek Penguatan Profil pada kelas X Sekolah Aliyah dilakukan sekurang-kurangnya 3 sampai 4 projek profil dengan tema berbeda dalam satu tahun pelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B)$
43. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Strategi pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamain di sekolah dapat dilaksanakan secara terpisah melalui kegiatan ko-kurikuler maupun diintergrasikan pada kegiatan pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Terkait pelaksanaan proyek profil pelajar tersebut, apabila pendidik bermaksud melaksanakan proyek secara integratif dengan pembelajaran intrakurikuler, maka terdapat tiga tahapan penting yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh pendidik, kecuali...$(B)$ Melakukan asesmen terhadap perkembangan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang telah dicapai oleh peserta didik.$(D)$ Melakukan asesmen terhadap capaian pembelajaran (CP) maupun perkembangan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin secara terpisah
Pembahasan:
PENJABARAN
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B) $
44. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Perhatikan beberapa tahapan berikut!
- Mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah
- Membentuk tim fasilitator projek
- Menyusun modul projek
- Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu
- Merancang strategi pelaporan projek
Urutan tahapan yang benar dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar adalah....$(B)$ 2,1,4,3,5$(D)$ 1, 2, 3, 4, 5
Pembahasan:
Urutan tahapan yang benar dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar adalah 2 (Membentuk tim fasilitator projek), 1 (Mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah), 4 (Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu), 3 (Menyusun modul projek), dan 5 (Merancang strategi pelaporan projek).
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
45. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Elemen penting dalam rapor P5-PPRA adalah....$(B)$ nama sekolah, nama siswa, tema, kelas, semester, dimensi P5, dan nilai.$(D)$ nama sekolah, nama siswa, tema, kelas, semester, dimensi, nilai, dan deskripsi capaian.
Pembahasan:
Elemen penting dalam rapor P5-PPRA adalah nama sekolah, nama siswa, kelas, semester, dimensi P5-PPRA, nilai, dan deskripsi capaian.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
46. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Projek Penguatan Profil merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang diorientasikan untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar peserta didik. Projek Penguatan Profil di sekolah diproyeksikan pada 2 (dua) aspek yaitu: 1) Profil Pelajar Pancasila, dan 2) Profil Pelajar Rahmatan lil alamin. Terkait Projek Penguatan Profil Pelajar di sekolah tersebut, pernyataan berikut yang tidak tepat adalah...$(B)$ Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan Rahmatan lil Alamin dijalankan dalam bentuk kokurikuler, namun dapat juga intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.$(D)$ Projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki dimensi, elemen, dan sub-elemen. Sedangkan Profil Pelajar Rahmatan lil alamin memiliki nilai, sub-nilai, dan indikator.
Pembahasan:
Projek Profil Pelajar Pancasila dan Projek Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin memiliki asesmen masing-masing. Oleh karena itu, pernyataan A tidak tepat.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
47. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Tujuan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamiin adalah...$(B)$ Penguatan identitas khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai rujukan karakter pelajar Indonesia dan moderasi beragama dengan kompetensi dalam konteks perkembangan Abad 21.$(D)$ Agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang Kurikulumpeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai- nilai Pancasila.
Pembahasan:
Tujuan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin adalah untuk memperkuat identitas khas bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sebagai rujukan karakter pelajar Indonesia dan moderasi beragama dengan kompetensi dalam konteks perkembangan Abad 21.
48. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Perhatikan tema-tema dalam P5-PPRA berikut!Tema-tema P5-PPRA yang dapat digunakan untuk jejang MI, SMP/MTS, MA, dan MAK adalah...
- Hidup Berkelanjutan
- Aku sayang Bumi
- Kearifan Lokal
- Bhinneka Tunggal Ika
- Aku Cinta Indonesia
- Bangunlah Jiwa dan Raganya
Pembahasan:
Tema-tema P5-PPRA yang dapat digunakan untuk jejang MI, SMP/MTS, MA, dan MAK adalah tema yang bersifat mata pelajaran umum dan relevan untuk semua jenjang, seperti hidup berkelanjutan, kearifan lokal, bhinneka tunggal ika, dan bangunlah jiwa dan raganya.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
49. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Manusia diciptakan oleh Allah SWT. berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Sekalipun demikian, hal ini tidak berimplikasi terhadap perlakuan yang berbeda. Di hadapan Allah, yang manusia manusia satu dengan yang lain hanyalah ketaqwaannya semata. Konsep inilah yang diusung untuk ditumbuhkembangkan dalam penguatan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin melalui nilai....
Pembahasan:
Konsep yang diusung untuk ditumbuhkembangkan dalam penguatan profil pelajar Rahmatan Lil Alamin melalui nilai kesetaraan (musawah).
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B) $
50. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Di sebuah SMP/MTs, Tim Fasilitator Projek menemukan bahwa mayoritas peserta didik cenderung mengabaikan kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Pada berbagai sudut sekolah banyak dijumpai sampah bertebaran mengganggu pemandangan. Tak hanya itu, lingkungan sekolah juga terlihat gersang, hanya sedikit tanaman yang tumbuh dalam kondisi tidak terawat. Bermula dari kondisi tersebut, Tim Fasilitator Projek memutuskan untuk mendesain projek yang diorientasikan untuk menumbuhkembangkan kepedulian peserta didik terhadap sekolah dan mencari solusi atas permasalahan yang ada.
Berdasarkan konteks permasalahan tersebut, tema yang dapat diangkat dalam projek adalah...
Pembahasan:
Berdasarkan kondisi tersebut, tema yang dapat diangkat dalam projek adalah Hidup Berkelanjutan, yang akan membantu menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah serta mencari solusi atas permasalahan tersebut.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
51. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Nilai akhir peserta dalam pembelajaran diolah bersumber dari hasil akhir asesmen sumatif, baik berangkat dari beberapa tujuan pembelajaran maupun hasil dari akumulasi tujuan pembelajaran pada periode tertentu. Pendidik menetapkan bahwa peserta didik dianggap telah menyelesaikan semua tujuan pembelajaran dengan rentang nilai 56-100. Berikut adalah tabulasi hasil penilaian peserta didik bernama Amalia: Deskripsi yang tepat hasil belajar untuk Amalia adalah...
Pembahasan:
Deskripsi yang tepat hasil belajar untuk Amalia adalah bahwa terdapat lima TP (Tugas Proyek) yang belum dituntaskan dari empat mata pelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
52. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pak Rasyid adalah guru. Setelah melakukan pembelajaran tentang shalat berjamaah, ia meminta peserta didik berbagi peran, ada yang menjadi imam ada yang menjadi makmum, untuk mempraktikkan shalat berjaah di mushola sekolah. Sambil membawa instrumen penilaian, Pak Rasyid mengamati praktik shalat berjamaah yang dilakukan peserta didik. Teknik penilaian yang tepat untuk digunakan adalah...
Pembahasan:
Teknik penilaian yang tepat untuk digunakan dalam situasi ini adalah unjuk kerja, di mana peserta didik melakukan praktik langsung (unjuk kerja) tentang shalat berjamaah, dan pendidik mengamati serta menilai kinerja mereka.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
53. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu prinsip asesmen adalah bahwa asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali siswa dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. Adapaun penerapan yang tepat asesmen dalam pembelajaran tergambar berikut...
Pembahasan:
Penerapan yang tepat dari prinsip asesmen dalam pembelajaran adalah pendidik merencanakan pembelajaran dengan merujuk pada tujuan yang akan dicapai dan memberikan umpan balik agar peserta didik dapat menentukan langkah untuk perbaikan berikutnya.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B) $
54. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pada akhir semester, pendidik mata pelajaran Fikih selesai mengolah nilai hasil pembelajaran dengan hasil dan ketentuan berikut: 1. Pada awal pembelajaran pendidik menetapkan KKTP secara kuantitatif (50-60) 2. Ruslan mendapat nilai pada materi shalat jamaah 80, haji dan umrah 88, zakat 60, puasa sunah 75.
Deskripsi untuk nilai rapor yang tepat adalah "Ananda Ruslan...
Pembahasan:
Deskripsi yang tepat untuk nilai hasil belajar Ananda Ruslan adalah "Ananda Ruslan sangat menguasai dalam hal shalat berjamaah dan haji umrah, serta perlu pendampingan lebih lanjut untuk penguasaan tentang puasa sunnah."
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C)$
55. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Berikut merupakan opsi dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi tujuan pembelajaran pada laporan hasil belajar.Tiga opsi yang tepat dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi tujuan pembelajaran pada laporan hasil belajar adalah...
- Penyusunan deskripsi berdasarkan tujuan pembelajaran
- Penyusunan deskripsi berdasarkan nilai hasil pembelajaran
- Penyusunan deskripsi mengambil dari capaian pembelajaran
- Penyusunan deskripsi mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan
Pembahasan:
Tiga opsi yang tepat dalam menyusun deskripsi capaian kompetensi tujuan pembelajaran pada laporan hasil belajar adalah 1) penyusunan deskripsi berdasarkan tujuan pembelajaran, 3) penyusunan deskripsi mengambil dari capaian pembelajaran, dan 4) penyusunan deskripsi mengambil dari poin-poin penting dari materi yang sudah diberikan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
56. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
56. Pada Kurikulum Merdeka diharapkan pendidik dapat menguatkan kemampuan peserta didik dengan melakukan asesmen formatif dalam proses pembelajaran. Berikut merupakan contoh kegiatan asesmen formatif...
Pembahasan:
Contoh kegiatan asesmen formatif adalah ketika pendidik menyampaikan pertanyaan kepada peserta didik setelah pembelajaran berlangsung untuk mengetahui tingkat penguasaan materi dan memberikan umpan balik.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
57. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pendidik telah melaksanakan asesmen untuk salah satu Tujuan Pembelajaran (TP) mata pelajaran IPAS Fase C, yakni Menyelidiki ragam sumber energi yang dapat dimanfaatkan di lingkungan sekitar. Indikator/Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP):Setelah dilakukan penilaian didapat nilai salah seorang peserta didik bernama Hermawan pada KKTP 1: nilai Cukup (65) dan KKTP 2: nilai Baik (75).
- mampu menguraikan manfaat sumber energi; dan
- mampu melakukan pengamatan sesuai prosedur Penilaian yang digunakan pendidik menggunakan rubrik:
- perlu bimbingan,
- cukup,
- baik, dan
- sangat baik.
Deskripsi yang tepat nilai hasil Hermawan adalah...
Pembahasan:
Deskripsi yang tepat untuk nilai hasil Hermawan adalah bahwa dia mampu menguraikan 1 contoh manfaat sumber energi serta dapat melakukan prosedur pengamatan secara mandiri dengan tepat.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
58. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Diantara jenis instrumen asesmen yang disiapkan oleh pendidik dapat berupa suatu pedoman yang dibuat untuk menilai dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta didik. Melalui pedoman tersebut, pendidik dapat memusatkan perhatian pada kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik sekaligus mempertimbangkan bantuan yang dapat diberikan kepada peserta didik dalam meningkatkan Capaian kinerja dimaksud dituangkan dalam bentuk kriteria atau dimensi yang akan dinilai, yang dibuat secara bertingkat dari kurang sampai terbaik. Deskripsi di atas menggambarkan instrumen asesmen berupa......
Pembahasan:
Deskripsi tersebut menggambarkan instrumen asesmen berupa rubrik, yang membantu pendidik menilai dan mengevaluasi kualitas capaian kinerja peserta didik dengan kriteria atau dimensi yang dibuat secara bertingkat.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
59. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Berikut merupakan fungsi asesmen hasil pembelajaran.Yang termasuk fungsi asesmen sumatif adalah...
- alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik pada satu atau lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu;
- melihat hasil pembelajaran yang sudah dilakukan pendidik setelah proses pembelajaran sebagai bentuk umpan balik;
- menentukan kelanjutan proses belajar peserta didik di kelas atau pada jenjang
- mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP)
Pembahasan:
Fungsi asesmen sumatif termasuk dalam opsi (1), (3), dan (4), yaitu sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar peserta didik, menentukan kelanjutan proses belajar peserta didik, dan mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
60. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP). Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan saat menyusun perencanaan. Banyak pendekatan yang dapat digunakan oleh pendidik, salah satunya adalah rubrik. Pada tugas menulis laporan, pendidik menetapkan kriteria ketuntasan yang terdiri atas dua bagian, yakni isi laporan dan penulisan. Dalam pembuatan rubrik, pendidik menetapkan empat tahap pencapaian: baru berkembang, layak, cakap, dan mahir. Jika deskripsi tahap pencapaian mahir pada kriteria penulisan laporan adalah "semua tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat", pada tahap pencapaian cakap adalah....
Pembahasan:
Deskripsi tahap pencapaian cakap pada kriteria penulisan laporan adalah bahwa sebagian besar tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
61. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan mata pelajaran umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam enam etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali....
Pembahasan:
Pilihan yang tidak tepat adalah yang menyatakan bahwa fase-fase CP mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas. Seharusnya, fase-fase CP memungkinkan guru untuk memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
62. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Capaian pembelajaran untuk mata pelajaran umum pada sekolah disusun dengan karakteristik sebagai berikut, kecuali...
Pembahasan:
Karakteristik yang tidak tepat adalah bahwa capaian pembelajaran tidak diarahkan untuk mengaKurikulumodir pencapaian keterampilan abad ke-21. Seharusnya, capaian pembelajaran harus diarahkan untuk mengaKurikulumodir pencapaian keterampilan abad ke-21.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
63. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu prinsip pembelajaran pada Kurikulum Merdeka adalah pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas peserta didik untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat. Terkait prinsip tersebut, beberapa pernyataan berikut merupakan kegiatan yang dapat dilakukan guru terhadap peserta didik, kecuali...
Pembahasan:
Kegiatan yang tidak tepat adalah bahwa guru memastikan setiap aktivitas pembelajaran selalu diiringi dengan pemberian tugas untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap materi yang dipelajari. Seharusnya, asesmen awal digunakan untuk memahami profil belajar peserta didik, bukan untuk memberikan tugas langsung
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
64. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Perhatikan Tabel Capaian Pembelajaran berikut!
Elemen: Al-Qur'an
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu melafalkan, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an secara tekstual dan kontekstual tentang; kekuasaan dan rahmat Allah Swt, sifat pemurah, optimis dan sabar, infak di jalan Allah Swt., kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, sikap peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya, bersikap jujur dalam bermuamalah, semangat menuntut ilmu baik secara tekstual maupun kontekstual agar terwujud pribadi yang berakhlakul karimah, menghindari sifat sekulerisme, hedonisme, dan korupsi yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
Elemen: Hadis
Capaian Pembelajaran:
Peserta didik mampu membaca, menghafal, memahami dan menganalisis arti dan isi kandungan hadis secara tekstual dan kontekstual tentang; kekuasaan dan rahmat Allah Swt, sifat pemurah, optimis dan sabar, intak di jalan Allah Swt., kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, sikap peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya, bersikap jujur dalam bermuamalah, semangat menuntut ilmu baik secara tekstual maupun kontekstual agar terwujud pribadi yang saleh secara sosial, berakhlakul karimah, menghindari sifat sekulerisme, hedonisme, dan korupsi yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
Pak Dzikron bermaksud menyusun Tujuan Pembelajaran dari CP kedua elemen tersebut. Dalam menyusun Tujuan Pembelajaran, pak Dzikron bermaksud menerapkan teknik "lintas elemen", maka contoh rumusan Tujuan Pembelajaran yang dapat disusun pak Dzikron adalah....
Pembahasan:
Dalam menyusun Tujuan Pembelajaran dari CP Al-Qur'an dan Hadis, contoh rumusan yang tepat adalah "Melafalkan, membaca, menghafal, memahami, mengomunikasikan, menganalisis arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits secara tekstual dan kontekstual tentang kekuasaan dan rahmat Allah SWT."
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
65. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Capaian pembelajaran (CP) per fase dirumuskan dalam dua bentuk, yaitu capaian pembelajaran secara keseluruhan (mata pelajaran umum) dalam lingkup satu fase dan capaian pembelajaran per fase untuk setiap elemen. Oleh karena itu, penting untuk pendidik memahami rumusan capaian pembelajaran untuk mata pelajaran yang diampu secara menyeluruh. Rumusan capaian per fase untuk mata pelajaran PAI pada sekolah terdiri dari unsur sebagai berikut:
Pembahasan:
Unsur-unsur yang tidak tepat adalah bahwa capaian pembelajaran per fase untuk mata pelajaran UMUM pada sekolah tidak termasuk rasional. Seharusnya, unsur yang termasuk adalah kompetensi, materi, dan kontekstualisasi.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
66. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Terkait hal tersebut, guru dan peserta didik perlu memahami Kurikulum. Kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan asesmen, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali....
Pembahasan:
Ilustrasi yang tidak tepat adalah bahwa guru senantiasa memberikan umpan balik langsung yang mendorong kemampuan peserta didik untuk terus belajar dan mengeksplorasi ilmu pengetahuan. Seharusnya, umpan balik harus diberikan secara berkelanjutan, tetapi tidak selalu langsung.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B) $
67. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Sebelum melaksanakan pembelajaran, pak Faiz mengadakan asesmen awal untuk mengetahui profil belajar peserta didiknya di kelas. Dari hasil asesmen awal tersebut diketahui bahwa 30% peserta didik memiliki gaya belajar visual, 30% peserta didik bergaya kinestetik, dan 40% peserta didik bergaya auditori. Pak Faiz juga berhasil mengumpulkan informasi, bahwa secara mata pelajaran umum peserta didiknya memiliki kecenderungan minat yang relevan dengan gaya belajar masing-masing.
Berdasarkan data tersebut, pak Faiz merencanakan pembelajaran berdiferensiasi pada elemen proses sebagai berikut, kecuali...
Pembahasan:
Kegiatan yang tidak tepat adalah bahwa peserta didik diberi kebebasan untuk mengkreasikan pembuatan laporan hasil observasi, seperti laporan tertulis, power point, video, poster, maupun bentuk lain sesuai dengan bakat dan minat. Seharusnya, kegiatan ini adalah salah satu bentuk diferensiasi pembelajaran yang tepat.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (B) $
68. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan paradigma baru dalam pembelajaran, bukan dalam arti menghadirkan konsep dan prinsip pembelajaran yang sepenuhnya baru, namun lebih pada upaya untuk memastikan terciptanya praktik pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Penerapan paradigma baru dalam pembelajaran dimaksud tergambar pada beberapa kegiatan berikut, kecuali...
Pembahasan:
Kegiatan yang tidak tepat adalah bahwa guru menggunakan otoritas sebagai pembimbing utama pembelajaran dalam mengatasi permasalahan yang timbul tanpa melibatkan orang tua atau guru lain. Seharusnya, guru harus melibatkan orang tua dan guru lain dalam mengatasi permasalahan yang timbul.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C)$
69. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan ke dalam sejumlah Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkrit. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali....
Pembahasan:
Pilihan yang tidak tepat adalah bahwa guru merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik. Seharusnya, merumuskan TP harus didasarkan pada CP dan karakteristik materi pembelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
70. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Capaian Pembelajaran (CP) dirancang dengan banyak merujuk pada teori belajar Konstruktivisme dan pengembangan kurikulum dengan pendekatan "Understanding by Design" (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins dan Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, "memahami" merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena.
Terkait hal tersebut, pernyataan yang benar dalam kurikulum Merdeka...
Pembahasan:
Pernyataan yang tidak tepat adalah bahwa memberi kebebasan kepada guru untuk mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai. Seharusnya, taksonomi pengetahuan harus diterapkan secara konsisten sesuai dengan kerangka kerja kurikulum yang digunakan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
71. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Kurikulum Merdeka diyakini sebagai kurikulum yang memerdekakan kepada semua pihak. Kemerdekaan tersebut tercermin dalam kebijakan sebagai berikut...
Pembahasan:
Kebijakan yang mencerminkan kemerdekaan dalam Kurikulum Merdeka adalah kebijakan capaian pembelajaran yang disusun berdasarkan fase-fase. Hal ini memberikan kebebasan kepada semua pihak untuk merancang pembelajaran sesuai dengan tahapan yang ditetapkan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
72. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Kurikulum memiliki fungsi menyiapkan generasi penerus bangsa agar siap menghadapi tantangan di zamannya sekaligus mewariskan budaya bangsa. Karena itu kurikulum mengalami perubahan beberapa kali. Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah...
Pembahasan:
Pertimbangan paling penting perubahan kurikulum adalah mengikuti perkembangan tantangan zaman. Kurikulum harus terus disesuaikan dengan tuntutan zaman agar dapat mempersiapkan generasi penerus bangsa dengan baik.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
73. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Seiring dengan perkembangan zaman yang cenderung sekuler dan hedonis, maka pendidikan di sekolah perlu mengembangkan proses pendidikan yang memiliki dimensi ukhrawi. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah...
Pembahasan:
Prinsip yang tepat terkait dengan pengembangan proses pendidikan yang memiliki dimensi ukhrawi adalah bahwa aktivitas belajar dan mengajar yang terkait dengan kehidupan ukhrawi bernilai ibadah. Hal ini mencerminkan pendekatan holistik dalam pendidikan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
74. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Kemampuan generasi mendatang hendaknya tidak lagi fokus pada pengetahuan karena internet telah menyediakan segalanya, namun keterampilan hidup abad-21 yang senantiasa akan dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang tidak menentu. Berdasarkan situasi tersebut, pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah...
Pembahasan:
Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah bahwa pendidik harus menyesuaikan dengan konstruksi kurikulum. Seharusnya, pendidikan harus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kebutuhan keterampilan hidup abad-21.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
75. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Praktik pembelajaran berdiferensiasi disiapkan dalam v disarankan untuk menanggulangi kekurangan praktik pembelajaran yang selama ini berjalan. Diantara hal ini yang ingin diperbaiki adalah...
Pembahasan:
Salah satu hal yang ingin diperbaiki dalam Kurikulum Merdeka adalah proses penilaian dengan standar yang sama untuk semua peserta didik. Hal ini tidak mendukung praktik pembelajaran berdiferensiasi yang disarankan oleh kurikulum.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B) $
76. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Dalam konsep paradigma Pendidikan Islam, proses belajar dan mengajar sangat diwajibkan sebagai bentuk ibadah yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Pernyataan yang tepat terkait prinsip tersebut adalah...
Pembahasan:
PENJABARAN
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
77. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Guru dalam menjalankan tugas dan fungsinya terkait langsung dengan pendidikan peserta didik. Agar memiliki berdimensi ukhrawi dan bernilai ibadah maka proses pembelajaran hendaknya didorong oleh niat yang baik dan dilakukan sesuai peraturan yang berlaku. Pernyataan yang tepat terkait hal tersebut adalah...
Pembahasan:
PENJABARAN
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
78. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Dalam membentuk kompetensi keterampilan yang dibutuhkan abad-21 kurikulum merdeka menyarankan paradigma pembelajaran konstruktivisme sebagai acuan pembelajaran. Karena itu prinsip pengelolaan pembelajaran perlu...
Pembahasan:
Prinsip pengelolaan pembelajaran yang perlu diterapkan dalam konsep paradigma pembelajaran konstruktivisme adalah bahwa guru bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran. Hal ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif terlibat dalam pembelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
79. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Sekolah adalah sekolah mata pelajaran umum berciri khas agama Islam. Hal yang harus ditanamkan dalam implementasi proses pendidikan di sekolah adalah memperkuat nilai-nilai keagamaan. Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah...
Pembahasan:
Pernyataan yang kurang sesuai dengan konsep tersebut adalah bahwa pendidikan agama dan mata pelajaran umum harus dipisahkan secara tegas, supaya masing-masing dapat berjalan sesuai dengan target. Seharusnya, pendidikan agama dan mata pelajaran umum harus saling terintegrasi untuk membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
80. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu prinsip dimensi ukhrawi dalam pendidikan adalah bahwa hubungan guru dengan peserta didik diikat dengan mahabbah fillah, bukan transaksional. Gambaran prinsip tersebut dapat dilihat seperti pernyataan berikut...
Pembahasan:
Gambaran prinsip tersebut dapat dilihat dalam pernyataan bahwa ikatan mahabbah fillah terjadi jika antara guru dengan peserta didik ada rasa saling kasih sayang yang memunculkan amal shalih mencapai ridla Allah SWT. Hal ini menunjukkan hubungan yang bersifat spiritual dan ibadah antara guru dan peserta didik.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
81. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Dalam praktik melakukan asesmen, Ibu Mariana seorang guru di Sekolah Tsanawiyah Assafiyah Indramayu bersama teman sejawatnya menganalisis dan melakukan refleksi hasil asesmen dan menggunakannya sebagai bahan diskusi untuk perbaikan proses pembelajaran.
Apa yang dilakukan Ibu Mariana merupakan penerapan prinsip asesmen....
Pembahasan:
Tindakan Ibu Mariana untuk menganalisis dan merefleksikan hasil asesmen serta menggunakannya sebagai bahan diskusi untuk perbaikan proses pembelajaran adalah penerapan prinsip asesmen yang hasilnya digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
82. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Berikut beberapa pernyataan tentang pengelolaan hasil asesmen.Pernyataan yang tepat adalah....
- Pendidik tidak boleh mencampur perhitungan dari hasil penilaian formatif dan formatif
- Asesmen formatif bertujuan untuk memberi umpan balik proses pembelajaran sehingga tidak menjadi penentu atau pembagi nilai akhir
- Asesmen formatif dan sumatif memiliki fungsi yang sama dalam pembelajaran sehingga keduanya menjadi pembagi nilai akhir
- Nilai akhir adalah penggabungan dari berbagai kegiatan asesmen sumatif.
Pembahasan:
Pernyataan yang tepat adalah bahwa pendidik tidak boleh mencampur perhitungan dari hasil penilaian formatif dan sumatif, asesmen formatif bertujuan untuk memberi umpan balik proses pembelajaran sehingga tidak menjadi penentu atau pembagi nilai akhir, dan nilai akhir adalah penggabungan dari berbagai kegiatan asesmen sumatif.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
83. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan ke dalam sejumlah Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkrit. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif berikut, kecuali....
Pembahasan:
Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif seperti merumuskan TP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP, dan merumuskan TP secara lintas elemen. Oleh karena itu, opsi B tidak tepat karena menyebutkan menganalisis kompetensi dan lingkup materi pada CP.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
84. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Dalam menyusun modul ajar, hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam merancang pembelajaran yang inklusif bagi peserta didik kecuali...
Pembahasan:
Dalam menyusun modul ajar, hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam merancang pembelajaran yang inklusif bagi peserta didik adalah pemberian catatan bentuk aKurikulumodasi/penyesuaian yang akan dilaksanakan bagi peserta didik berkebutuhan khusus, profil peserta didik disusun untuk memberikan gambaran karakteristik dan kebutuhan peserta didik dalam kelas, dan modul ajar harus menggambarkan bahwa semua peserta didik dapat mengikuti secara penuh dalam pembelajaran sesuai karakteristik dan kebutuhannya termasuk PDBK. Opsi D tidak tepat karena menyatakan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus dibuatkan modul ajar secara khusus dan terpisah dari peserta didik lainnya, padahal prinsip inklusi adalah memfasilitasi partisipasi semua peserta didik dalam pembelajaran yang sama.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
85. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Pada satu lembaga yang memiliki peserta didik berkebutuhan khusus, salah seorang guru di kelas X inklusif (fase E) melakukan asesmen yang hasilnya menunjukkan masih berada di fase C. Dari kasus ini ditetapkan bahwa peserta didik tersebut tetap mengikuti pembelajaran fase C meskipun teman sekelasnya mengikuti pembelajaran fase F.
Apa yang dilakukan oleh guru Fikih tersebut termasuk....
Pembahasan:
Tindakan guru tersebut termasuk asesmen diagnostik, karena guru menggunakan hasil asesmen untuk memahami tingkat pemahaman peserta didik dan menetapkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
86. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Yang tidak masuk dalam unsur bahasa Arab.
Pembahasan:
Unsur bahasa Arab yang tidak termasuk adalah tindak tutur. Tindak tutur adalah konsep dalam pragmatik yang merujuk pada perbuatan atau tindakan yang dilakukan melalui bahasa, seperti meminta, memerintah, atau mengucapkan janji.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$
87. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Kurikulum Operasional Sekolah , hakikatnya merupakan...
Alternatif Pembahasan:
Kurikulum Operasional Sekolah hakikatnya merupakan rencana proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$
88. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Capaian pembelajaran untuk mata pelajaran umum pada sekolah disusun dengan karakteristik sebagai berikut, kecuali....
Pembahasan:
capaian pembelajaran untuk mata pelajaran umum pada sekolah disusun dengan karakteristik seperti disusun dengan karakteristik memasukkan nilai moral dan etika, diarahkan untuk mengaKurikulumodir pencapaian keterampilan abad-21, orientasi kesejahteraan dunia sekaligus kebahagiaan akhirat, dan disusun sesuai konteks kebangsaan dan ke-Indonesiaan.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
89. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Sebelum menyusun modul ajar Pak Amir menganalisis karakteristik, kompetensi minat, perbedaan tingkat pemahaman, keunikan peserta didik serta tingkat kematangan peserta didk. Apa yang dilakukan pak Amir termasuk...
Pembahasan:
Tindakan Pak Amir termasuk prinsip-prinsip penyusunan modul ajar, karena dia memperhatikan karakteristik, kompetensi minat, perbedaan tingkat pemahaman, keunikan peserta didik serta tingkat kematangan peserta didik dalam menyusun modul ajar.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
90. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah seorang guru di kelas 2 melakukan asesmen untuk melihat berapa presentase siswanya yang sudah bisa menulis huruf hijaiyah dengan baik. Hasil tes menunjukkan 17 dari 25 peserta didik belum memahami kaidah menyambung huruf hijaiyah. Berdasar hasil ini Guru menetapkan bahwa salah satu materi yang penting diajarkan adalah kaidah menyambung huruf. Apa yang dilakukan guru tersebut termasuk...
Alternatif Pembahasan:
Tindakan guru tersebut termasuk asesmen formatif, karena guru menggunakan hasil tes untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan menetapkan materi pembelajaran yang selanjutnya.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$
91. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Kurikulumponen Kurikulum Operasional Sekolah secara berurutan adalah...
Pembahasan:
Komponen Kurikulum Operasional Sekolah secara berurutan adalah 1) Analisis Karakteristik Sekolah, 2) Visi, Misi, dan Tujuan, 3) Pengorganisasian Pembelajaran, 4) Perencanaan Pembelajaran.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (C) $
92. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
capaian per fase disamumumkan dalam dua bentuk, yaitu secara keseluruhan dan capaian per fase untuk setiap elemen. Oleh karena itu, penting untuk pendidik mempelajari rumusan CP untuk mata pelajarannya secara menyeluruh.
Rumusan capaian per fase untuk mata terdiri dari unsur sebagai berikut:
Pembahasan:
Rumusan capaian per fase untuk mata pelajaran terdiri dari unsur kompetensi, materi, dan kontekstualisasi.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
93. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Capaian per fase disamumumkan dalam dua bentuk, yaitu secara keseluruhan dan capaian per fase untuk setiap elemen. Oleh karena itu, penting untuk pendidik mempelajari rumusan CP untuk mata pelajarannya secara menyeluruh.
Rumusan capaian per fase untuk mata pelajaran terdiri dari unsur sebagai berikut:
Pembahasan:
Rumusan capaian per fase untuk mata pelajaran juga terdiri dari unsur kompetensi, materi, dan kontekstualisasi.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
94. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Di bawah ini yang bukan merupakan pengertian pendidikan inklusif adalah....
Pembahasan:
Pengertian pendidikan inklusif adalah sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik berkebutuhan khusus untuk mengikuti pendidikan di sekolah/sekolah reguler tanpa adanya perlakuan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan individual anak. Oleh karena itu, opsi A tidak sesuai dengan pengertian pendidikan inklusif.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$
95. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Strategi pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamain di sekolah dapat dilaksanakan secara terpisah melalui kegiatan ko-kurikuler maupun diintergrasikan pada kegiatan pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Terkait pelaksanaan proyek profil pelajar tersebut, apabila pendidik bermaksud melaksanakan proyek secara integratif dengan pembelajaran intrakurikuler, maka terdapat tiga tahapan penting yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh pendidik, kecuali...
Pembahasan:
Tahapan penting yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh pendidik jika mereka bermaksud melaksanakan proyek secara integratif dengan pembelajaran intrakurikuler adalah melakukan asesmen terhadap perkembangan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin yang telah dicapai oleh peserta didik.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A) $
96. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Salah satu prinsip penyusunan Kurikulum adalah berpusat pada peserta didik", yaitu...
Pembahasan:
Prinsip "berpusat pada peserta didik" dalam penyusunan kurikulum menekankan bahwa pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
97. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Tahapan dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar yaitu:Urutan yang benar adalah...
- Mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah
- Membentuk tim fasilitator projek
- Menyusun modul projek
- Merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu
- Merancang strategi pelaporan projek
Pembahasan:
Urutan yang benar dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar adalah 2, 1, 4, 3, 5.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
98. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Modul ajar yang baik harus bisa menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar, berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, sehingga tidak terlalu Kurikulumpleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya. Hal termasuk...
Pembahasan:
Kriteria penyusunan modul ajar yang baik termasuk mempertimbangkan tingkat Kurikulumpleksitas yang sesuai dengan tahap usia peserta didik.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $ (D)$
99. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
CP dirancang dengan banyak merujuk pada teori belajar Konstruktivisme dan pengembangan kurikulum dengan pendekatan "Understanding by Design" (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins dan Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini "memahami" merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada mereka untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena. Dengan demikian, kurikulum merdeka....
Pembahasan:
Dalam kerangka teori "Understanding by Design" (UbD), pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang Kurikulumpleks, yang melibatkan kemampuan menjelaskan, menginterpretasi, dan mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$
100. Soal Kompetensi Pedagogik PPG
Berikut adalah pernyataan yang benar terkait aKurikulumodasi yang layak bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah kecuali...
Pembahasan:
capaian pembelajaran harus merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh semua peserta didik pada setiap fase. Oleh karena itu, opsi C adalah pernyataan yang benar tentang aKurikulumodasi yang layak bagi peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah.
$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$
Posting Komentar untuk "100 Soal Latihan dan Pembahasan Kompetensi Pedagogik Guru"